Beranda | Artikel
Menyiarkan Bacaan Quran Sebelum Jumatan
Selasa, 29 April 2014

getsubpic.ashx

oleh : Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah

Syaikh pernah mendapat pertanyaan :

في بعض المساجد في أنحاء كثيرة من العالم الإسلامي تتلى آيات من القرآن الكريم بمكبرات الصوت وذلك قبل صلاة الجمعة فما الحكم ؟

Pada sebagian masjid di berbagai penjuru dunia islam sering dibacakan ayat-ayat al-Qur’an al-Karim melalui pengeras suara/speaker yang dilakukan sebelum sholat Jum’at. Apakah hukumnya?

Beliau menjawab :

لا نعلم لذلك أصلا لا من الكتاب ولا من السنة ولا من عمل الصحابة ولا السلف الصالح رضي الله عن الجميع . ويعتبر ذلك حسب الطريقة المذكورة من الأمور المحدثة التي ينبغي تركها؛ لأنه أمر محدث . ولأنه قد يشغل المصلين والقراء عن صلاتهم وقراءتهم . والله سبحانه وتعالى أعلم وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه

Kami tidak mengetahui dasar perbuatan ini, baik dari al-Kitab maupun dari as-Sunnah, tidak juga hal ini dilakukan oleh para sahabat dan salafus shalih radhiyallahu’anil jamii’ -semoga Allah meridhai mereka semua-. Dan perbuatan ini sebagaimana tata-cara yang disebutkan termasuk dalam tindakan mengada-ada yang semestinya ditinggalkan, karena ini adalah ajaran yang dibuat-buat/tidak ada tuntunannya. Dan juga disebabkan hal ini akan mengganggu orang yang sedang menunaikan sholat dan mengusik bacaan yang mereka baca. Wallahu a’lam. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa aalihi wa shahbih.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/menyiarkan-bacaan-quran-sebelum-jumatan/